Senin, 14 Maret 2016

Mbah Wiki (pedia), ahli dan kamus

Fransiskus Muga

Kamus sering kita jadikan sebagai referensi untuk mencari arti kata tertentu yang tidak kita ketahui. Mungkin yang sering kita kenal Kamus Bahasa, mulai dari Bahasa Inggris, Bahasa Jerman, Bahasa Perancis, Bahasa Jepang, Bahasa Indonesia dan semua bahasa yang ada didunia.

Kamus juga bisa mengenai referensi mesin atau sparepart tertentu yang secara detil dituliskan sebagai referensi atau katalog yang digunakan jika kita ingin membeli barang tertentu.

Kamus juga berhubungan dengan semua ilmu pengetahuan dan seluruh aspek kehidupan yang ada di dunia. Ada kamus kedokteran, kamus kitab suci maupun kitab kuno, ataupun ilmu lain di jagat ini.

Pernakah anda tahu siapa yang berinisiatif membuat kamus? Mungkin perlu kita tanya sama Mbah Wiki, dialah ahlinya.

Seiring dengan perkembangan IT, muncul berbagai gadget yang berbasis teknologi IT dan googlepun memiliki aplikasi google translate.

The world is in your hand, begitulah ungkapan yang sering kita dengar dari berbagai media.Yang menjadi pertanyaan masih layakkah kehadiran KAMUS, di tengah-tengah kehidupan kita.

Apakah KAMUS masih ada dalam rak buku kita,atau tidak ada sama sekali? Apakah masih penting KAMUS dalam kehidupan kita?

Saya masih menyimpan Kamus Bahasa Inggris terbitan LONGMAN, English Edition, yang walaupun sudah lusuh dimakan usia, masih saja saya simpan dan sewaktu-waktu saya gunakan untuk mencari kata baru yang belum saya ketahui.

Tidak saja Kamus, buku dari berbagai referensi ilmu masih ada dalam laci saya.

Menurut saya belajar tidak pernah akan berakhir dan sepanjang hidup kita, kita senantiasa tetap membutuhkan KAMUS yang tetap setia menuntun kita sepanjang hidup kita. Salam!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar